Dari Qatadah ra, dari Anas ra. Bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Tidak beriman salah seorang diantara kalian, hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.’ (HR. Bukhari)

Senin, 24 Mei 2010

Dokumen Rahasia Buka Perjanjian Nuklir Israel – Afrika

Salah satu lembaran dokumen rahasia yang berisi perjanjian nuklir 
antara Israel dan rezim apartheid Afrika Selatan pada 1975 silam. 
Dokumen itu ditemukan oleh seorang akademis Amerika, Sasha 
Polakow-Suransky. (Foto: Guardian)





















Salah satu lembaran dokumen rahasia yang berisi perjanjian nuklir antara Israel dan rezim apartheid Afrika Selatan pada 1975 silam. Dokumen itu ditemukan oleh seorang akademis Amerika, Sasha Polakow-Suransky. (Foto: Guardian)


JOHANNESBURG (Berita SuaraMedia) - Dokumen Rahasia Afrika Selatan mengungkapkan bahwa Israel menawarkan untuk menjual hulu ledak nuklir untuk rezim apartheid, memberikan bukti resmi dokumenter pertama bahwa negara itu memiliki senjata nuklir. Catatan rinci rahasia mengenai pertemuan antara pejabat senior dari kedua negara pada tahun 1975 menunjukkan bahwa menteri pertahanan Afrika Selatan, PW Botha, meminta hulu ledak dan Shimon Peres, menteri pertahanan Israel pada saat itu dan presiden sekarang, menanggapi dengan menawarkan mereka "dalam tiga ukuran". Keduanya juga telah menandatangani perjanjian yang mengatur hubungan militer antara kedua negara yang menyertakan klausal yang menyatakan bahwa "keberadaan perjanjian ini" adalah untuk terus menjadi rahasia.
Dokumen itu ditemukan oleh seorang akademis Amerika, Sasha Polakow-Suransky, dalam penelitian untuk sebuah buku pada hubungan erat antara kedua negara, memberikan bukti bahwa Israel memiliki senjata nuklir meskipun memiliki kebijakan "ambiguitas" untuk tidak membenarkan atau menyangkal keberadaan mereka.
Pihak berwenang Israel berusaha menghentikan pemerintah Afrika Selatan pasca apartheid untuk mendeklasifikasi dokumen atas permintaan Polakow - Suransky dan pengungkapannya akan menjadi aib, terutama karena pembicaraan nuklir non-proliferasi pekan ini di New York fokus pada Timur Tengah.
Itu juga akan merusak upaya Israel untuk menunjukkan bahwa, jika mereka memiliki senjata nuklir, maka Israel adalah rezim yang "bertanggung jawab" karena tidak akan menyalahgunaan mereka, sementara negara-negara seperti Iran tidak dapat dipercaya.
Dokumen Afrika Selatan menunjukkan bahwa militer era apartheid menginginkan rudal sebagai pencegah dan untuk serangan potensial terhadap negara-negara tetangga.
Dokumen itu menunjukkan kedua belah pihak bertemu pada tanggal 31 Maret 1975. Polakow-Suransky menulis dalam bukunya yang diterbitkan di AS pekan ini, Aliansi tak terucapkan: aliansi Rahasia Israel dengan Apartheid Afrika Selatan. Pada pembicaraan para pejabat Israel "secara resmi menawarkan untuk menjual ke Afrika Selatan beberapa rudal Jericho berkapasitas nuklir".
Di antara mereka yang menghadiri pertemuan tersebut adalah kepala staf militer Afrika Selatan, Letnan Jenderal RF Armstrong. Dia segera membuat sebuah memo di mana ia memaparkan manfaat yang akan didapatkan Afrika Selatan dengan memiliki rudal Jericho tetapi hanya jika mereka dilengkapi dengan senjata nuklir.
Memo itu, ditandai "rahasia" dan bertanggal di hari yang sama dengan pertemuan dengan Israel, yang sebelumnya telah diturunkan tetapi konteksnya tidak sepenuhnya dipahami karena tidak diketahui secara langsung terkait dengan tawaran Israel pada hari yang sama dan bahwa itu adalah dasar bagi permintaan langsung ke Israel.
Di dalamnya, Armstrong menulis: "Dalam mempertimbangkan manfaat sistem senjata seperti yang yang ditawarkan, asumsi tertentu telah dibuat: a) Bahwa rudal akan dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir yang diproduksi di RSA (Republik Afrika Selatan) atau diperoleh tempat lain."
Tapi Afrika Selatan masih butuh waktu lama untuk dapat membangun senjata atom. Sedikit lebih dari dua bulan kemudian, pada 4 Juni, Peres dan Botha bertemu di Zurich. Saat itu proyek Jericho memiliki nama sandi Chalet.
Catatan rahasia atas pertemuan itu menuliskan: "Menteri Botha mengungkapkan rasa tertarik dalam jumlah terbatas dari unit subjek Chalet untuk muatan yang benar yang sudah tersedia." Dokumen tersebut kemudian mencatat: "Menteri Peres mengatakan muatan yang benar  tersedia dalam tiga ukuran. Menteri Botha mengungkapkan apresiasinya dan berkata bahwa ia akan meminta nasihat." "Tiga ukuran" dipercaya merujuk pada senjata konvensional, kimia dan nuklir.
Penggunaan eufemisme, "muatan yang benar", mencerminkan sensitivitas Israel atas masalah nuklir dan tidak akan digunakan andaikata itu mengacu pada senjata konvensional. Hal ini juga dapat hanya berarti hulu ledak nuklir seperti memorandum Armstrong menjelaskan bahawa Afrika Selatan tertarik dengan rudal Jericho sebagai satu-satunya sarana untuk membawa senjata nuklir.
Selain itu, satu-satunya muatan yang  dibutuhkan Afrika Selatan dari Israel adalah nuklir.  Afrika Selatan mampu menyusun hulu ledak lainnya.
Botha tidak maju dengan kesepakatan sebagian karena biaya. Selain itu, kesepakatan apa pun harus memiliki persetujuan akhir oleh perdana menteri Israel dan tidak pasti itu akan datang.
Afrika Selatan akhirnya membangun bom nuklir sendiri, meskipun mungkin dengan bantuan Israel. Tapi kolaborasi pada teknologi militer hanya tumbuh selama bertahun-tahun setelahnya. Afrika Selatan juga memberikan banyak uranium yellowcake yang dibutuhkan  Israel untuk mengembangkan senjata.
Dokumen itu mengkonfirmasi pernyataan oleh mantan komandan angkatan laut Afrika Selatan, Dieter Gerhardt - yang dipenjara pada tahun 1983 untuk mata-mata bagi Uni Soviet. Setelah dibebaskan dengan jatuhnya apartheid, Gerhardt mengatakan ada kesepakatan antara Israel dan Afrika Selatan yang disebut Chalet yang melibatkan suatu penawaran oleh negara Yahudi bahwa mereka akan melengkapi persenjataan dengn delapan rudal Jericho dengan "hulu ledak khusus".
Gerhardt mengatakan ini adalah bom atom. Tapi sampai sekarang belum ada bukti dokumen penawaran tersebut.
Beberapa minggu sebelum Peres membuat tawaran dari hulu ledak nuklir untuk Botha, kedua menteri pertahanan menandatangani perjanjian rahasia yang mengatur aliansi militer yang dikenal sebagai Secment. Begitu rahasianya itu termasuk penolakan atas keberadaan perjanjian itu sendiri: "Dengan ini menyatakan setuju bahwa keberadaan perjanjian ini ... akan menjadi rahasia dan tidak akan diungkapkan oleh salah satu pihak".
Perjanjian tersebut juga mengatakan bahwa kedua pihak tidak bisa meninggalkan itu secara sepihak.
Keberadaan program senjata nuklir Israel itu diungkapkan oleh Mordechai Vanunu kepada agensi berita Sunday Times pada tahun 1986. Dia menyediakan foto-foto yang diambil di dalam situs nuklir Dimona dan memberikan deskripsi rinci tentang proses yang terlibat dalam memproduksi bagian dari bahan nuklir, tetapi tidak memberikan dokumentasi tertulis.
Dokumen itu disita oleh mahasiswa Iran dari kedutaan besar AS di Teheran setelah revolusi 1979 mengungkapkan Syah menyatakan minatnya untuk Israel dalam mengembangkan senjata nuklir. Tetapi dokumen Afrika Selatan konfirmasi penawaran bahwa Israel dalam posisi untuk mempersenjatai rudal Jericho dengan hulu ledak nuklir.
Israel menekan pemerintah Afrika Selatan untuk tidak mendeklasifikasikan dari dokumen rahasia yang diperoleh Polakow-Suransky. "Kementerian pertahanan Israel mencoba untuk memblokir akses saya ke perjanjian Secment dengan alasan itu materi sensitif, terutama tanda tangan dan tanggal," katanya.
"Orang-orang Afrika Selatan tidak peduli, mereka menghapus beberapa baris dan menyerahkannya pada saya. Pemerintah ANC tidak begitu khawatir tentang melindungi 'aib' sekutu lama rezim apartheid itu." (iw/gd) www.suaramedia.com
 
Template designed using AgungKarebaTemplate Cinemateca, Criado Por: AgungKareba.