Dari Qatadah ra, dari Anas ra. Bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Tidak beriman salah seorang diantara kalian, hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.’ (HR. Bukhari)

Minggu, 06 Juni 2010

Kecoa Berdiskusi Antarsesama Memilih Makanan Terbaik

Kecoa
Kecoa saling memberikan usulan diantara serangga ini untuk menentukan sumber makanan terbaik dengan komunikasi melalui bahan kimia, demikian menurut para ilmuwan.
Serangga ini dapat melakukan keputusan kolektif terkait sumber makanan terbagus.
Penelitian yang dilakukan Universitas Queen Mary, London ini membantu menjelaskan fakta terkait kecoa yang sering terlihat berkumpul di tempat makanan di dapur-dapur.
Penelitian ini diterbitkan di jurnal Behavioural Ecology and Biology.
Dr Mathiee Lihoreau dari unit Biologi dan Kimia Universitas Queen Mary yang memimpin penelitian itu mengatakan orang lebih cenderung untuk mematikan kecoa dan bukannya mempelajari serangga itu.
"Saya dapat mengerti itu," katanya kepada BBC. "Namun dengan mematikan serangga itu, kita tidak tahu tentang kebiasaan kecoa."
Kecoa
Kecoa mengambil keputusan kolektif untuk menentukan makanan
Pada umumnya kecoa dianggap sebagai serangga yang berusaha secara individu, namun "itu sama sekali tidak benar," kata Dr Lihoreau. "Siapapun yang pernah melihat kecoa di rumah mereka akan tahu bahwa kecoa bergerak secara bergerombol."
Dr Lihoreau dan koleganya mempelajari pilihan makanan sekelompok kecoa.
"Kami melepas serangga itu ke satu tempat kecil dan ada dua sumber makanan yang mirip," katanya. "Bila mereka tidak berkomunikasi, yang kami perkirakan adalah mereka akan membagi dua sumber makanan itu secara merata."
Namun serangga-serangga itu tampaknya memiliki keputusan bersama untuk menentukan mana yang akan dimakan.
"Kami tidak tahu bagaimana serangga itu berkomunikasi namun kami tahu mereka menggunakan bahan kimia," kata Dr Lihoreau. "Itulah tahap kedua yang akan kami pelajari, untuk mengetahui bahan kimia apa yang digunakan untuk berkomunikasi.
"Pengamatan ini dan simulasi model matematika menunjukkan bahwa kecoa berkomuniasi dengan kontak secara dekat saat mereka sudah berada di sekitar sumber makanan."
Penelitian ini dapat digunakan lebih lanjut dalam upaya membasmi serangga dengan menciptakan bahan yang lebih efektif.
 
Template designed using AgungKarebaTemplate Cinemateca, Criado Por: AgungKareba.