Dari Qatadah ra, dari Anas ra. Bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Tidak beriman salah seorang diantara kalian, hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.’ (HR. Bukhari)

Rabu, 28 Juli 2010

Blogger Gila Maroko, Serukan Buka Puasa di Siang Hari Ramadhan


Blogger Maroko telah merilis undangan ke situs jejaring sosial Facebook untuk menggunakan hak berbuka puasa di depan umum di siang hari selama bulan Ramadhan di Maroko.
Ini adalah undangan kedua dari jenisnya, karena sebelumnya pada tahun lalu sudah pernah diluncurkan hal serupa oleh seorang blogger di Facebook yang mengajak berbuka puasa sacra kolektif di kota Mahmudiyah, selatan Rabat pada siang hari bulan ramadhan.
Pada tahun lalu polisi Maroko sempat membubarkan demonstrasi yang dilakukan oleh sekelompok aktivis yang sedang menyiapkan diri untuk mengatur 'buka puasa' di depan umum siang hari selama bulan Ramadhan di kota Mahmudiyah yang oleh polisi dianggap melawan hukum, namun para aktivis gila ini mengecam tindakan represif polisi yang membubarkan acara mereka dengan mengatakan bahwa tindakan mereka adalah sesuai dengan kebebasan individu manusia.
Kelompok penyelenggara buka puasa di siang hari tahun lalu mengatakan: "Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk mendukung kebebasan individu dan untuk membela hak individu, tanpa melanggar hukum, menambahkan bahwa kebebasan individu merupakan bagian integral, termasuk hak untuk berpuasa selama bulan Ramadhan dan juga hak untuk berbuka puasa di siang hari selama Ramadhan."
Dalam KUHP Maroko pasal 222 melarang seseorang ataupun kelompok makan dan minum di depan publik pada siang hari di bulan Ramadhan dan pelaku tindakan ini akan dihukum penjara dari satu bulan sampai enam bulan dan denda antara 12 dan 120 dirham.
Dan pada tahun ini, masih ada blogger gila Maroko menyerukan hal yang sama seperti tahun lalu. Najib Syawqi, seorang blogger Maroko dalam salah satu halaman Facebook dengan tegas menyerukan untuk semua warga Maroko berbuka puasa di siang hari Ramadhan, dan juga berpuasa di bulan Ramadhan. Sebuah seruan yang absurd.(fq/imo)
 
Template designed using AgungKarebaTemplate Cinemateca, Criado Por: AgungKareba.